Perbedaan Semut Rangrang Ratu Betina dan Jantan dan Semut Pekerja Dari Ciri Fisik

Semua jenis semut rangrang sebenarnya sama-sama sangat berguna bagi koloni mereka untuk menghasilkan kroto super. Ekosistem akan tercipta jika mereka saling bekerja sama dengan baik dan juga perhatian dan perawatan si pemilik usaha/peternak itu sendiri.
semut jantan
semut jantan

Bagaimana cara membedakan antara semut betina, semut jantan dan semut pekerta jika dilihat dari ciri-ciri fisiknya? Perbedaannya adalah:

1. Semut Rangrang Jantan
Semut rangrang jantan mempunyai ukuran kurang lebih 8-10 mm, dan tubuhnya berwarna coklat tua serta mempunyai sayap. Jantan dewasa yang siap membuahi semut betina/kawin berumur sekitar 64-71 hari. Kemudian dia akan mati setelah melakukan perkawinan setelah satu sampai tujuh hari.


2. Semut Rangrang Ratu Betina
Ratu semut rangrang berasal dari anakan semut berjenis kelamin betina. Semut rangrang ratu betina mempunyai ciri-ciri fisik antara lain mempunyai ukuran tubuh kurang lebih 15-16 mm dan tubuhnya berwarna coklat tua namun tidak bersayap.

gambar ratu semut
Gambar ratu semut



3. Semut Rangrang calon Ratu Dewasa

Mempunyai ukuran panjang tubuh kurang lebih antara lain15-16 mm dan tubuh berwarna coklat serta mempunyai sayap.

4. Semut Rangrang calon Ratu Muda
Semut rangrang calon ratu muda mempunyai ukuran panjang tubuh sekitar 15-16 mm dan tubuhnya berwarna hijau kecoklatan dan juga bersayap.


5. Semut Rangrang Pekerja
Mempunyai ukuran panjang tubuh sekitar 8-10 mm, berwarna coklat dan tidak mempunyai sayap. Semut pekerja berasal dari semut betina yang mandul dan tugasnya menjaga pintu kerajaan semut rangrang tersebut.

0 Response to "Perbedaan Semut Rangrang Ratu Betina dan Jantan dan Semut Pekerja Dari Ciri Fisik"

Post a Comment