Cara Budidaya dan beternak Kroto Semut Rangrang alami maupun semi alami

Bagaiman Cara Budidaya dan beternak Kroto Semut Rangrang alami maupun semi alami?
Seperti artikel saya sebelumnya berisi tentang Cara pembibitan Kroto Semut Rangrang untuk Budidaya alami
bahwa setelah kita melakukan pembibitannya kita tinggal membudidayakan dari pengembangan sampai pemanenan.
Langkah-langkahnya adalah setelah semut rangrang sudah membuat rumah barunya di pohon yang berada di pot, ini pertanda mereka mulai sudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Biarkan mereka hidup tenang jangan sampai mereka merasa terganggu. Kita hanya tinggal memantau saja bagaimana perkembangan kedepannya. Setelah memasuki periode sekitar satu minggu kita lihat hasil perkembangannya. Jika diluar rumah semut rangrangnya terdapat hanya beberapa semut rangrang saja sedangkan didalamnya berjumlah banyak ini pertanda mereka sudah mempunyai ekosistem yang nyaman sehingga ternak kroto anda sudah mulai pengembangan saja.
Cara budidaya dan beternak kroto semut rangrang secara alami adalah mulai dari proses pembibitan, perawatan, pemberian pakan, pengembangan, hingga pemanenan.
Setelah proses pembibitan selesai dan semut rangrang sudah mempunyai ekosistem yang baru dengan sudah mempunyai rumah barunya langkah berikutnya adalah pengembangan yaitu dengan cara perawatan dan pemberian pakan.

Proses perawatan
Untuk perawatan adalah kita harus menjaga suasana bagaimana mereka bisa hidup nyaman tanpa terganggu ulah lingkungan sekitar, misal kita harus menjaga dari anak kecil yang terkadang bermain-main dengan semut rangrang kita. Kemudian hewan seperti ayam juga kadang bisa mengganggu.

Pemberian pakan
Untuk pemberian pakan kita bisa menaruh tulang ayam segar yang belum dimasak (tulang ayam segar sisa yang belum di masak) ataupun binatang serangga segar yang sudah mati. Kita taruh dan diikat di batang pohonnya. Nanti pasukan semut rangrang akan menggerumuti dengan sendirinya. 

Pengembangan
Untuk pengembangan sampai mereka membuat-rumah-rumah baru lagi, kita tunggu beberapa bulan lagi hingga mereka akan membuat rumah-rumah baru secara alami ataupun dengan bantuan manusia.
Baiknya kita persiapkan media pohon di pot lebih dari satu sesuai keinginan kita.
Gambar rumah kroto
Gambar rumah kroto
Kelebihan dan kekurangan budidaya kroto semut rangrang secara alami:
Kelebihan dan keuntungannya berbudidaya kroto semut rangrang secara alami adalah perawatannya mudah, tidak perlu pemantauan khusus karena mereka berkembang biak secara alami, kemudian kroto yang dihasilkan adalah kroto super.Jika kita lupa memberikan pakan, mereka bisa mencari pakan sendiri.
Kekurangan berbudidaya kroto semut rangrang secara alami adalah memerlukan waktu yang lebih lama serta dibutuhkan media yang lebih besar.

Demikian langkah-langkah untuk budidaya dan beternak kroto semut rangrang. Semoga berguna.

0 Response to "Cara Budidaya dan beternak Kroto Semut Rangrang alami maupun semi alami"

Post a Comment